Menu
 

Khoirul Inayah
Situs-situs peninggalan Kerajaan Majapahit banyak tersebar khususnya di daerah Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Daerah ini diyakini sebagai pusat kota Kerajaan Majapahit. Dengan luas wilayah sekitar 10x10 km, ibu kota ini meliputi sebagian besar Kecamatan Trowulan, sebagian kecil Kecamatan Sooko dan Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto serta sebagian kecil lainnya di Kabupaten Jombang, yakni di Kecamatan Sumobito dan Mojowarno.
Selain peninggalan berupa bangunan, kini ribuan benda peninggalan Kerajaan Majapahit   juga disimpan di Museum Majapahit Trowulan. Benda-benda purbakala tersebut tidak hanya didapatkan dari wilayah Mojokerto saja, namun juga dari daerah-daerah lain di Jawa Timur. Maklum, Kerajaan Majapahit di masa jayanya mampu menguasai seluruh Nusantara, lebih luas dari wilayah Republik Indonesia saat ini.
Sayangnya, tidak banyak buku-buku sejarah khususnya untuk anak-anak yang membahas situs-situs dan benda-benda peninggalan Kerajaan Majapahit. Nah, blog ini akan sedikit menjelaskan beberapa candi-candi peninggalan Kerajaan Majapahit serta obyek wisata lain di Trowulan yang populer dikunjungi wisatawan.
Harapan penulis, semoga kehadiran blog ini bisa memberi manfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top