Menu
 

Kolam segaran terletak di Desa Trowulan Kecamatan Trowulan. Kolam ini merupakan satu diantara 32 waduk peninggalan Kerajaan Majapahit yang masih bisa kita saksikan sampai sekarang. Bentuk kolam persegi panjang dengan  ukuran panjang 375 m dan lebar 125 m. Dinding kolam setinggi 3,16 m dengan lebar 1,6 m.
Bangunan kolam berupa batu bata yang direkatkan satu sama lain dengan cara digosokkan tanpa menggunakan perekat. Air di kolam ini berasal dari saluran air pada sisi tenggara. Sedangkan pada sisi selatannya merupakan saluran pembuangan. Kolam segaran berisi air sepanjang tahun. Berdasarkan penemuan ini, diduga fungsi kolam ini sebagai waduk atau penampungan air.
Beberapa ahli lain juga menduga fungsi kolam segaran sebagai penambah kelembaban air di ibu kota Kerajaan Majapahit. Namun, menurut cerita rakyat sekitar, pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit kolam ini digunakan sebagai tempat rekreasi dan menjamu tamu dari luar negeri. Apabila perjamuan usai, maka peralatan perjamuan berupa sendok, piring, mangkuk yang terbuat dari emas dibuang begitu saja di kolam. Untuk menunjukkan betapa kayanya Kerajaan Majapahit.
Kolam ini dipugar tahun 1996 selama setahun. Kemudian dipugar lagi menjadi lebih sempurna tahun 1974 sampai tahun 1984. Saat ditemukan kolam ini tertutup tanah dan rerumputan seluas 65.448m.
Kolam Segaran begitu asri

Posting Komentar

 
Top