Menu
 

Candi Gentong hanya berjarak sekitar 300m dari Candi Brahu ke arah timur. Candi ini terletak di Desa Jambumente Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Selain Candi Gentong, sebenarnya masih ada 2 candi lain yang letaknya berderet. Yakni Candi gedong, Cadi tengah dan Candi Gentong. Namun, hanya Candi Gentong yang kini ditemukan.
Upaya pelestarian candi ini sudah sejak tahun 1995 sampai 2001. Hasil yang didapatkan adanya penampakan struktur candi gentong I dan gentong II. Bentuk Candi Gentong I berupa 3 struktur batu bata berbentuk bujur sangkar.
Sedangkan, Candi Gentong II juga berbentuk bujur sangkar dengan berukuran 7,1 x 7,1 m. Bagunan ini dikelilingi 7 bangunan lain sesuatu arah mata angin, kecuali arah utara. Pada inti bangunan terdapat sumuran. Luas total Candi Gentong II adalah 18,5 x 18,5 m.
Candi  ini merupakan candi Budha yang dinilai berdasarkan konsep tata ruang berupa Mandala Stupa. Yakni, pembagian ruang yang terdiri dari ruang pusat dan dikelilingi oleh ruang-ruang lain yang lebih kecil.
lokasi candi gentong tampak depan.

Posting Komentar

 
Top