Menu
 

Mahavihara Majapahit merupakan bangunan baru yang dibangun di era modern. Jadi, mahavihara ini bukan termasuk bagian dari peninggalan Kerajaan Majapahit. Namun, tempat ini menjadi populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Trowulan, karena di tempat ini ada patung Budha Tidur terbesar di Indonesia, bahkan terbesar ketiga di dunia. Setelah Thailan dan Nepal.
Patung Budha Tidur yang ada di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan ini berwarna keemasan ini memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Patung ini dibuat di tahun 1993 oleh  YM Viryanadi Maha Tera. Pembuatannya menggunakan bahan beton yang dipahat oleh  perajin patung asal Trowulan. Patung ini menggambarkan wafatnya sang Buddha, Siddharta Gautama dalam kondisi tertidur. Patung ini ada di komplek Maha Vihara Majapahit.
Di bawah bagian patung terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan Buddha Gautama, hukum karmaphala dan hukum tumimbal lahir. Tak jauh dari patung Buddha terdapat kolam air yang ditumbuhi tanaman teratai yang melambangkan kehidupan sang Buddha dan ajaran Agama Buddha.
Selain Patung Buddha Tidur, di dalam kompleks juga terdapat vihara yang dapat digunakan untuk sembahyang oleh umat Buddha yang sedang berkunjung yakni di Sasana Bhakti. Di salah satu sudut kompleks, kita juga dapat menemukan miniatur Candi Borobudur dan patung-patung Buddha berukuran lebih kecil dalam berbagai sikap.
Budha Tidur, salah satu tempat yang layak di singgahi.

Posting Komentar

 
Top