Menu
 

Candi Brahu merupakan candi terbesar di wilayah Trowulan. Lokasinya di Desa Bejijong. Candi ini terbuat dari batu bata yang direkatkan satu dengan yang lain dengan sistem gosok. Ukuran candi bujur sangkar dengan ukuran 20,70m x 20,70 m serta tinggi 25,7m. Candi ini berdiri megah menghadap ke barat.
Candi Brahu terdiri dari bagian kaki, tubuh dan atap. Kaki Candi Brahu terdiri dari dua tingkatan yang dikelilingi oleh pelipit dari batu bata. Sedangkan, di bagian tubuh terdapat bilik berukuran 4x4 m. Namun, kondisi lantainya sudah rusak. Karena dikhawatirkan terjadi kerusakan lebih luas, saat wisatawan dilarang naik ke candi ini. Candi ini mengalami pemugaran tahun 1991-1995.
Atap candi memiliki tinggi sekitar 6 m. Di sudut tenggara atap terdapa sisa bangunan yang diduga berbentuk stupa. Sehingga candi ini dianggap sebagai candi Budha. Candi ini diduga merupakan candi tertua di Trowulan. Dugaan ini berdasarkan prasasti yang ditemukan tidak jauh dari Candi Brahu. Prasasti tersebut dikeluarkan oleh Mpu Sindok  tahun 861 saka atau 939 M. Salah satu isinya menyebutkan nama sebuah bangunan suci yakni waharu atau warahu.  
Candi Brahu Tampak Indah dari Kejauhan.

Posting Komentar

 
Top